Laporan Pandangan Mata Cangkru’an KLAS OpenStack Administration

Komunitas openSUSE Indonesia

Kelompok Linux Arek Suroboyo atau yang dikenal dengan KLAS mengadakan acara rutin Cangkru’an yang mengangkat tema OpenStack Administration, Sabtu 2 April 2016, di Mezzanine Intiland Tower Surabaya,  dengan pembicara Utian Ayuba, CEO Btech dan juga salah satu penggiat Komunitas openSUSE Indonesia.

Acara ini dimulai pukul 10.30 WIB dihadiri oleh berbagai macam kalangan mulai dari Network Engineer, System Engineer, ISP, mahasiswa dan akademisi dan lain-lain. Dalam kesempatan kali ini mas Utian mengawali acara dengan menjelaskan tentang Cloud Computing dan Virtualisasi, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan tentang OpenStack dan implementasinya dengan menggunakan distro openSUSE Leap 42.1.

Selain itu dalam rangkaian Cangkru’an ini juga didemontrasikan pengaturan dan management OpenStack, dan dalam kesempatan ini juga mas Utian masih membuka kesempatan bagi semua kalangan untuk mendapatkan sepasang sepatu Fans openSUSE dengan cara membuat video panduan untuk materi OpenStack yang diunggah di https://kelaskita.com/utianayuba/kelas/openstack-administration-i/ dan juga akan mendapatkan fasilitas akun email @opensuse.id.

Acara ini terselenggara atas kerjasama KLAS dengan Asosiasai Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Wilayah Jawa Timur (APJII Jatim), Intiland Tower Surabaya, dan PT. Boer Technology (Btech).

Dokumentasi Acara ini bisa dilihat di: Foto Cangkruan KLAS 02 April 2016

No Comments

Add your comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.