openSUSE.Asia Summit 2016: Terima Kasih Semuanya, Kalian Keren

Komunitas openSUSE Indonesia

d1-osas16

Rangkaian acara keren openSUSE.Asia Summit 2016 telah usai, workshop pra-konferensi Jumat, 30 September 2016, konferensi utama pada hari Sabtu-Minggu, 1-2 Oktober 2016 Convention Hall UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Menghadirkan sebanyak 38 pembicara dari dalam negeri dan dari luar negeri yaiu China, Jepang, Jerman, dan Taiwan, mereka berbagi pengalaman terkait openSUSE dan gerakan opensource, terbagi dalam workshop, long talk, short talk dan lighting talk.

Empat keynote speaker membawakan topik-topik keren. Pada hari pertama, Douglas DeMaio dari openSUSE Project memaparkan topik tentang openSUSE Worldwide – Progress in the making. Disambung Deputi Direktur Teknologi Keamanan Informasi Kementerian KOMINFO Riki Arif Gunawan mensosialisasikan penggunaan Tanda Tangan Digital dengan membawakan topik National Digital Signature: Burden or Needs.

Sedangkan pada hari kedua, Kepala Balai Tekkomdik DIY Dra. Isti Triasih memaparkan penggunaan openSUSE di bidang pendidikan melalui program ICT-EQEP pada 500 sekolah SD dan SMP di wilayah D.I. Yogyakarta. Dilanjutkan, Direktur Fasilitasi Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi Badan Ekonomi Kreatif Muhammad Neil El Himam membawakan topik tentang industri kreatif digital dan opensource.

Animo peserta luar biasa tercatat 478 peserta memeriahkan event ini, meski digelar di Yogyakarta namun banyak peserta yang datang dari berbagai kota di Jawa Barat,  Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan beberapa dari luar Jawa. Event keren ini selain menjadi sarana menambah pengetahuan, berbagi pengalaman, juga menjadi ajang kopi darat lintas pengguna FOSS.

Panitia mengucapkan terima kasih kepada para pendukung openSUSE.Asia Summit 2016 yaitu openSUSE, SUSE, Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian KOMINFO , UIN Sunan Kalijaga, Fakultas Saintek UIN Sunan Kalijaga, Biznet, Sepatu Fans, Excellent, Cloud Kilat, Qwords , Ngonoo, KSL UIN Suka, Komunitas openSUSE Indonesia, dan semua pihak yang telah membantu terselenggaranya event ini.

Kontribusi para relawan yang dengan suka rela telah mendukung kelancaran acara, para pembicara yang telah berbagi pengetahuan dan pengalaman, serta seluruh peserta yang telah berpartisipasi memeriahkan openSUSE.Asia Summit 2016. Terima kasih semuanya, kalian keren…

No Comments

Add your comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.