Memasang dan Menggunakan GNOME Builder pada openSUSE Tumbleweed

Sebenarnya panduan ini mengacu pada tulisan berikut: https://csorianognome.wordpress.com/2017/04/07/the-new-contribution-workflow-for-gnome/. Hal pertama yang perlu dilakukan tentu saja memasang GNOME Builder. O, iya, pastikan Anda menggunakan destop GNOME. Proses pemasangannya kurang lebih seperti pada gambar berikut. Cukup ketikkan sudo zypper in gnome-builder pada terminal kesayangan Anda.

Kemudian buka GNOME Builder.

Jendela GNOME Builder akan muncul seperti berikut.

GNOME memiliki repositori git sendiri yang beralamat di https://git.gnome.org. Kita akan mencoba untuk mengklon suatu repositori dan mencoba membangunnya. Tekan tombol “Klon…”.

Masukkan URL repositori yang akan diklon.

Sebagai contoh, repositori yang akan diklon adalah GNOME Maps (https://git.gnome.org/browse/gnome-maps) dengan alamat git https://git.gnome.org/browse/maps. Masukkan alamat URL tersebut seperti gambar dibawah ini, lalu tekan tombol “Klon” yang berwarna biru pada kanan atas.

Proses klon akan berlangsung. PS: Proses ini bisa jadi akan berlangsung lama (bergantung pada ukuran repositori yang diitarik ke lokal, seperti proses git clone pada git)

Setelah proses klon selesai, tampilan GNOME Builder akan seperti berikut.

Klik pada omnibar akan muncul seperti berikut.

Kita akan mencoba membangun GNOME Maps menggunakan GNOME Builder. Pada gambar diatas, klik tombol “Build”. Lalu proses membangun GNOME Maps akan berjalan seperti gambar dibawah ini. PS: Proses ini bisa jadi akan berlangsung lama (2).

Setelah proses bangun berhasil, tampilan akan seperti berikut.

Pada bagian kanan atas, terlihat keterangan bahwa proses bangun berhasil.

Untuk mencoba hasil bangun, tekan tombol dengan ikon play seperti pada gambar dibawah ini.

Proses instalasi akan berjalan (lihat Keluaran Build).

Kemudian, aplikasi GNOME Maps akan muncul.

Selamat, Anda telah berhasil menggunakan GNOME Builder. Anda dapat juga mencoba untuk membangun aplikasi lainnya dari GNOME yang tersedia pada repositori GNOME (https://git.gnome.org/browse/).

Lebih lanjut mengenai GNOME Builder, Anda dapat membaca dokumentasinya di https://builder.readthedocs.io/en/latest/index.html.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *