Memasang DNSCrypt pada openSUSE Leap

Komunitas openSUSE Indonesia

Kenapa?

Tulisan saya kemarin perihal memperbaiki LID laptop MacBook yang hidup kembali saat laptop ditutup ini memberikan banyak pencerahan, salah satu kendala yang dihadapi saat berselancar di dumay agar masalah tersebut teratasi adalah diblokir nya situs reddit.com oleh provider yang saya gunakan, sementara bisa jadi solusinya ada di forum tersebut.

Untuk mengatasinya sebenarnya banyak berbagai cara yang bisa dilakukan, bisa menggunakan VPN, SSH Tunneling, dll. Namun rasanya saya pikir tidak simple dan butuh tambahan server untuk VPN Server ataupun SSH Tunneling.

Lalu?

Nah, salah satu yang solusi yang bisa dilakukan adalah memasang DNSCrypt pada mesin anda, DNSCrypt kurang lebih adalah sebuah protokol yang bisa melakukan enkripsi terhadap mesin anda dengan DNS resolver sehingga koneksi menjadi lebih aman. simple nya tugas si DNSCrypt ini mengelabui DNS resolver ISP yang kita gunakan.

 

 

Gak percaya? berikut ini hasil uji coba saya sebelum memasang DNSCrypt pada mesin, uji coba bisa dilakukan dengan membuka dnsleaktest.com :

Duh, ketauan kan provider yang saya gunakan (*tutupmuka). Ini bisa dibilang masih polos, keliatan jelas provider yang digunakan masih pake si t*i.

Gimana?

Terus gimana caranya supaya saya bisa memasang si DNSCrypt ini di mesin saya?

Mudah, caranya bisa dengan cara memasang Simple DNSCrypt Proxy, prosesnya bisa dibilang mudah dan cepat, sat set bas bes … 😀

Saya denger si DNSCrypt ini sebenernya sudah agak lama, terakhir saya denger dan lihat saat Om Edwin pasang aplikasi ini di openSUSE Leap diacara openSUSE Translator ID Meetup di tahun 2016. Saya lihat kayaknya agak sulit, jadi saya males untuk pasang dan juga belum terlalu dibutuhkan saat itu. Saat itu masih versi 1.x

Akhirnya, ketika saya coba pasang ternyata DNSCrypt Proxy ini sudah memasuki versi ke 2.x dan memiliki arsitektur yang berbeda. Bedanya versi 1.x ditulis menggunakan C sementara di versi kedua ini ditulis dengan Go.

Jadi, langsung saja ..

Langkah Demi Langkah

Pertama, Unduh DNSCrypt proxy pada tautan berikut, pilih versi x86_64 atau sesuaikan dengan arsitektur yang anda gunakan.

wget -c https://github.com/jedisct1/dnscrypt-proxy/releases/download/2.0.6/dnscrypt-proxy-linux_x86_64-2.0.6.tar.gz
tar -zxvf dnscrypt-proxy-linux_x86_64-2.0.6.tar.gz
sudo mv linux-x86_64 /opt/dnscrypt-proxy

Selanjutnya lakukan konfigurasi service untuk DNSCrypt

sudo mv /opt/dnscrypt-proxy/dnscrypt-proxy.* /etc/systemd/system/

Salin konfigurasi dnscrypt-proxy :

cp example-dnscrypt-proxy.toml dnscrypt-proxy.toml

Cari bagian listen_addresses dan ubah menjadi seperti berikut :

Sebelum :
listen_addresses = ['127.0.0.1:53', '[::1]:53']

Sesudah :
listen_addresses = ['127.0.0.2:53']

 

Kenapa tidak menggunakan 127.0.0.1 ?

Karena sudah digunakan oleh service avahi-daemon (saya belum tahu ini service buat apa :-D)

Edit file /etc/hosts pastikan ip 127.0.0.2 sudah mengarah ke localhost

127.0.0.1       localhost
127.0.0.2       localhost

Sampai disini konfigurasi selesai, jalankan service dnscrypt-proxy :

sudo systemctl enable dnscrypt-proxy
sudo systemctl start dnscrypt-proxy

Jangan lupa untuk mengarahkan DNS Server ke ip 127.0.0.2, jika anda menggunakan Network Manager bisa dikonfigurasikan pada panel yang ada, kurang lebih seperti berikut:

Atau kalau gak mau lama bisa langsung tempel di /etc/resolv.conf.

Ini hasil setelah dipasang DNSCrypt

Dan pemasangan selesai, selanjutnya anda tinggal menikmati berselancar di internet tanpa ada pemblokiran situs. Di artikel lain mungkin saya akan membahas terkait konfigurasi yang ada di DNSCrypt ini. Tapi itu lain cerita, kapan-kapan lah.

Demikian tutorial singkatnya, semoga bermanfaat!

.

.

Eits iya, jangan sampai cara ini digunakan untuk membuka situs yang tidak baik ya :-P.

 

Comments: 1

  1. […] DNSCrypt. Sebelumnya saya juga pernah menuliskan tentang DNSCrypt pada blog openSUSE Indonesia di sini. Sudah cukup lengkap, namun cara instalasinya sudah […]

Add your comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.