Pesta Rilis openSUSE Leap 15 Telah Diadakan di Surabaya

Komunitas openSUSE Indonesia

Distribusi sistem operasi berbasis Linux semakin bertambah tahun semakin baik perkembangannya, bukan hanya dari sisi enterprise saja, dari sisi komunitas mereka juga berlomba-lomba untuk menyediakan berbagai macam distribusi selevel dengan kelas enterprise, openSUSE salah satunya.

Pesta rilis openSUSE kali ini diadakan oleh Kelompok Linux Arek Suroboyo (KLAS). Acara yang mengusung tema Pesta Rilis openSUSE Leap 15 dan Lokakarya Docker Untuk Pemula Spesial Ramadhan merupakan beberapa rangkaian acara yang dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama.

Pemateri yang yang membawakan pesta rilis openSUSE Leap 15 adalah Darian Rizaludin sekalu ketua KLAS. Dia menyampaikan beberapa pembahasan, diantaranya adalah pengetahuan umum tentang openSUSE dan alasan-alasan kuat mengapa kita menggunakan openSUSE.

openSUSE merupakan salah satu distribusi Linux yang basis pengembangannya seperti SUSE Linux Enterprise, dikembangkan dengan semangat FLOSS sehingga dapat digunakan dengan bebas oleh siapapun juga. Seperti yang kebanyakan orang tahu, SLE (akronim SUSE Linux Enterprise) merupakan distribusi Linux yang dikembangkan oleh perusahaan, dimana kita bisa mengunduh dan menggunakannya dengan bebas namun tidak bisa secara bebas menggunakan semua layanan yang ada pada SLE selama kurun waktu 60 hari atau sekitar kurang dari 2 bulan.

Komunitas pengembang openSUSE, openSUSE Project, menyediakan dua macam distribusi yang bisa digunakan dengan bebas oleh penggunanya, Tumbleweed dan Leap, lantas apa perbedaan dari keduanya?

Tumbleweed merupakan distribusi yang menerapkan konsep rolling release atau rilis bergulir, maksudnya adalah pengguna yang menggunakan openSUSE Tumbleweed lebih sering mendapatkan pembaruan paket stabil terbaru yang disediakan oleh openSUSE Project. Distribusi ini hanya direkomendasikan untuk pengembang, kontributor openSUSE dan “penggila” Linux.

Leap merupakan distribusi rilis reguler atau rilis setiap tahun, Leap memperioritaskan pembaruan terhadap keamanan dan kestabilan setiap rilisnya dan ketentuan itu tidak berubah hingga rilis tahunan berikutnya. Leap berbagi sumber daya sistem dengan SLE sehingga perubahan besar pada arsitektur tidak disediakan selama beberapa tahun, diselaraskan dengan rilis utama (misalnya 12, 13) dari SLE. Leap direkomendasikan untuk sistem administrator, pengembang perusahaaopenSUSEopenSUSEopenSUSEn dan pengguna desktop “biasa”.

Siklus Rilis openSUSEadalah sebagai berikut :

openSUSE Tumbleweed adalah rilis bergulir openSUSE, yang terus diperbarui dan selalu pada ‘rilis terbaru’.

openSUSE Leap adalah rilis reguler openSUSE, yang memiliki siklus rilis perkiraan berikut:

  • Satu rilis kecil diharapkan sekitar setiap 12 bulan, selaras dengan paket payanan (service pack) SUSE Linux Enterprise.
  • Satu rilis besar diharapkan setelah sekitar 36-48 bulan, selaras dengan rilis SUSE Linux Enterprise.

“Ada beberapa alasan kuat kenapa saya menggunakan openSUSE” kata Darian sembari mengutip situs itsfoss.com.

Hal yang paling disoroti adalah komunitas yang mendukung, baik daring maupun luring. Komunitas menjadi tonggak penyalur dari proyek utama untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, dalam hal ini luring lebih baik. Komunitas openSUSE Indonesia layak diacungi “dua jempol” untuk masalah ini. Baik luring maupun daring, openSUSE ID selalu solutif dalam mendukung proyek utama.

openSUSE merupakan sistem operasi yang kuat dan hampir dapat diandalkan, “saya tidak terlalu menyukai dua lingkungan desktop yang didukung secara default oleh openSUSE Project, tapi saya dapat memasang lingkungan desktop lain dengan berjalan sangat mulus di openSUSE Leap” kata Darian.

Jika Anda tidak terlalu familiar cara memasang paket dengan baris perintah, anda dapat memanfaatkan portal software.opensuse.org untuk mencari paket dan hanya dengan mengklik “instal langsung” paket tersebut langsung terinstal, tentu ini harus anda lakukan di mesin openSUSE Anda.

Alasan terakhir adalah keberadaan YaST (Yet another Setup Tool) di openSUSE. Ya, YaST pusat pengontrol yang ada pada openSUSE, Anda dapat mengontrol semua pengaturan yang ada pada openSUSE, pengaturan jaringan, pembaruan perangkat lunak dan semua pengaturan dasar sistem. YaST memberikan Anda kendali penuh atas instalasi openSUSE Anda.

Demikianlah ulasan mengenai pesta rilis openSUSE Leap 15 yang dilanjutkan dengan lokakarya Docker fundamental, segala keputusan ada pada diri Anda.

Pesta Rilis openSUSE Leap 15 & Lokakarya Docker

 

No Comments

Add your comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.