KDE Global Menu di aplikasi GTK

Dukungan Global Menu di aplikasi GTK resmi diperkenalkan di pengumuman rilis Plasma 5.14, setelah di Plasma 5.13 statusnya sebagai tech preview. Pengguna openSUSE Tumbleweed sekarang sudah bisa menikmatinya, dan begini caranya.

Pasang paket appmenu-gtk2-module untuk dukungan di aplikasi GTK+2 dan appmenu-gtk3-module untuk aplikasi GTK+3. Lalu cek di /home/user/.gtkrc-2.0 dan /home/user/.config/gtk-3.0/settings.ini apakah opsi gtk-modules=appmenu-gtk-module sudah ada? Kalau belum ada, tambahkan.

Untuk mengaktifkan Global Menu, buka System Settings KDE, lalu buka bagian Application Style, lalu Window Decorations. Pilih tab Buttons, kemudian seret ikon Application menu dari kotak di bawah Titlebar ke Titlebar, tempatkan di manapun Anda menginginkannya (saya biasanya menempatkannya setelah ikon Menu dan On all desktop di sebelah kiri). Setelah selesai, klik Apply.

Jika Anda lebih suka Global Menu ditempatkan di panel, buka kunci Widgets jika terkunci. Klik tiga garis vertikal di ujung kanan panel, lalu pilih Add widgets…. Pilih widget Global Menu. Ini akan memunculkan widget Global Menu di panel. Geser ke tempat yang Anda inginkan.

Di GIMP dan Inkscape, Global Menu akan langsung aktif. Sementara untuk LibreOffice Anda harus memasang paket libreoffice-qt5 jika belum terpasang. Sementara untuk Audacity Anda perlu menyalin file audacity.desktop dari /usr/share/applications ke /home/user/.local/share/applications. Kemudian buka file tersebut dengan teks editor. Cari bagian Exec=, lalu hapus env UBUNTU_MENUPROXY=0 sehingga menjadi hanya Exec=audacity %F saja.

Untuk programmer pengguna IntelliJ IDEA, dukungan Global Menu baru akan hadir di versi 183.3459. Sementara aplikasi Java lainnya belum ada dukungan untuk Global Menu.

Firefox dan Thunderbird juga tidak bisa, perlu diimplementasikan oleh developer Mozilla langsung. Sedangkan untuk aplikasi GTK lainnya saya tidak mencobanya. Jadi silakan eksplorasi sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.