Menyimpan berkas .rpm hasil instalasi

Komunitas openSUSE Indonesia

Secara baku, ketika kita memasang paket dari repositori, semua berkas .rpm akan diunduh ke /var/cache/zypp/packages, lalu akan dihapus setelah proses instalasi selesai. Tapi adakalanya kita ingin menyimpan berkas-berkas .rpm tersebut untuk dipasang di komputer lain. Atau ketika kita memasang paket pembaruan, kita ingin menyimpannya supaya ketika paket pembaruan tersebut ternyata membawa bug, kita bisa memasang-ulang berkas .rpm lama untuk downgrade.

Supaya kita bisa menyimpan berkas-berkas .rpm hasil instalasi, kita bisa mengubah konfigurasinya melalui YaST atau dengan perintah zypper.

Untuk mengubahnya melalui YaST, kita bisa membuka modul Software Repositories. Lalu pilih salah satu repositori, kemudian centang opsi Keep packages di bagian bawah. Ulangi proses tersebut untuk repositori-repositori lainnya.

Jika melalui perintah zypper, bisa dilakukan dengan perintah su -c "zypper modifyrepo --keep-packages <nama-repo>“. Nama repositori bisa dicari dengan perintah zypper repos, lalu lihat pada kolom Alias. Perintah zypper repos bisa dilakukan dengan akun pengguna biasa, tidak harus root atau menggunakan sudo.

Setelah konfigurasi diubah, semua berkas .rpm akan tersimpan di /var/cache/zypp/packages/<nama-repo>/<arsitektur>.

Yang perlu diperhatikan bagi Anda yang membuat konfigurasi Snapper untuk subvolume /var seperti yang ditulis di sini adalah semua berkas tersebut akan dimasukkan ke dalam snapshot yang dibuat. Jadi kita perlu memindahkannya ke partisi lain dengan cara mengubah konfigurasi di /etc/zypp/zypp.conf. Cari opsi # cachedir = /var/cache/zypp, lalu hilangkan tanda pagar (#) dan ubah arahnya ke sebuah direktori di partisi lain yang akan digunakan untuk menyimpan berkas-berkas .rpm tersebut.

 

No Comments

Add your comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.