Menambahkan Repositori ISO

Komunitas openSUSE Indonesia

YaST Software

Kita butuh memasang ISO sebagai repositori pada saat:

  1. Melakukan instalasi menggunakan Flashdisk/USB Flash Drive yang dibuat bootable menggunakan Ventoy. Karena dengan cara ini, installer masih berupa file ISO. Dan tidak seperti instalasi yang dilakukan dengan piringan DVD yang bisa langsung digunakan sebagai repositori, dengan metode ini installer tidak bisa langsung digunakan dengan hanya menancapkannya ke port USB.

  2. Pengguna openSUSE Leap yang ingin memanfaatkan installer sebagai repositori tambahan, sehingga tidak harus selalu mendownload ketika ingin memasang paket. Jika paket atau dependensi yang ingin dipasang ada di dalam installer dan belum mengalami pembaruan di repositori update, paket yang akan dipasang akan diambil dari file ISO yang dijadikan repositori, dan bukan dari repositori online, asalkan pengaturan prioritasnya tepat.

Cara menambahkan file ISO ke daftar repositori:

su -c "zypper addrepo -n 'openSUSE-Leap-15.2-ISO' iso:/?iso=/mnt/openSUSE-Leap-15.2-DVD-x86_64.iso repo-iso"

Perintah di atas untuk menambahkan file ISO openSUSE Leap 15.2 yang berada di /mnt, seperti jika kita melakukan instalasi menggunakan Flashdisk yang dibuat bootable menggunakan Ventoy, lalu kita ingin memasang paket tambahan tanpa harus terhubung ke internet terlebih dahulu. Seperti ketika kita melakukan minimal/custom install openSUSE.

Jika Anda menyimpan file ISO di tempat lain, ubah path/arahnya ke lokasi tersebut.

Sebelum menjalankan perintah di atas, kita perlu melakukan mounting Flashdisk yang digunakan sebagai installer dengan perintah:

su -c "mount -o uid=$UID,gid=$GROUPS /dev/sdc1 /mnt"

Perintah di atas diasumsikan lokasi Flashdisk berada di /dev/sdc.

Untuk mengetahui secara pasti di mana lokasinya, jalankan perintah berikut sebelum Flashdisk ditancapkan:

dmesg --follow

Lalu tancapkan Flashdisk.

Di terminal akan muncul di mana Flashdisk tersebut terpasang. Untuk keluar dari dmesg, tekan Ctrl dan c secara bersamaan.

Setelah melakukan semua perintah di atas (dengan urutan dari perintah paling bawah ke atas), kita bisa memasang paket dari file ISO dengan mengatur prioritasnya atau dengan mematikan semua repositori online terlebih dahulu.

Untuk mengatur prioritas:

su -c "zypper modifyrepo -p 90 repo-iso"

Ubah angka sesuai kebutuhan.

Untuk mematikan repositori online:

su -c "zypper modifyrepo -dt"

Untuk menghidupkannya kembali:

su -c "zypper modifyrepo -e repo-oss repo-non-oss repo-update repo-update-non-oss"

 

No Comments

Add your comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.