openSUSE Indonesia akan hadir di Tokyo!

Kurang dari satu minggu lagi openSUSE Asia Summit 2017 akan dilaksanakan. Tahun ini openSUSE Asia Summit akan dilaksanakan di Tokyo, Jepang. Acara tersebut akan dihadiri oleh pengguna maupun kontributor openSUSE/FOSS se-Asia seperti dari China, Taiwan, Jepang dan Indonesia. Tidak hanya dari Asia, beberapa kontributor dari negara Eropa juga akan datang ke Negeri Sakura ini untuk menghadiri openSUSE Asia Summit, salah satunya Jerman.

Buat yang belum tahu openSUSE Asia Summit, kurang lebih openSUSE Asia summit adalah acara yang mempertemukan kontributor dan pengguna openSUSE se Asia, disini mereka bisa saling berbagi dan bertukar pikiran seputar dunia FOSS terutama openSUSE. Acara ini diadakan setiap tahunnya di negara yang berbeda di Asia.

Sebelumnya, di Tahun lalu openSUSE Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah openSUSE Asia Summit 2016 di Yogyakarta dan di tahun ini beberapa teman openSUSE ID kembali mendapat kesempatan untuk menghadiri acara ini. Bukan hanya sebagai penonton, melainkan sebagai pembicara dan bahkan akan ikut serta sebagai volunteer :).

Beberapa teman openSUSE Indonesia yang akan hadir di acara ini sebagai pembicara adalah:

  1. Edwin Zakaria (medwinz) saat ini bekerja di salah satu perusahaan Jepang dan sebagai senior sekaligus pembina dari anak-anak muda openSUSE Indonesia akan mengisi materi dengan judul How To Encourage Community (Case study of openSUSE Indonesia Community). Paper lengkapnya bisa dilihat disini: https://events.opensuse.org/conference/summitasia17/program/proposal/1572.
  2. Estu Fardani (tuanpembual) saat ini aktif sebagai DevOps disalah satu startup di Indonesia dan tahun kemarin sukses mengelola openSUSE Asia Summit 2016 di Jogja akan membawakan materi Testing Ansible Role Using Molecule on openSUSE. paper lengkap bisa dilihat disini https://events.opensuse.org/conference/summitasia17/program/proposal/1524.
  3. Sendy Aditya Suryana, saat ini juga aktif sebagai Software Engineer di prismapp.io dan tahun lalu juga sukses menjadi koordinator volunteer di openSUSE Asia Summit 2016 dan akan berbagi pengalamannya di acara ini dengan judul Managing Volunteers in openSUSE Asia Summit 2016, paper lengkap bisa dilihat disini https://events.opensuse.org/conference/summitasia17/program/proposal/1534
  4. Andi Sugandi, sebagai guru di salah satu sekolah di Jawa Barat sekaligus menjadi senior openSUSE Indonesia juga akan ikut serta membawakan materi seputar OBS yang berjudul Using OBS to Build Containerised Application Image. paper lengkap bisa dilihat disini https://events.opensuse.org/conference/summitasia17/program/proposal/1608.
  5. Yan Arief Purwanto, saat ini aktif sebagai Pegawai Negeri Sipil di Bantul dan juga merupakan salah satu senior di openSUSE ID bersama Pak Edwin dan Pak Andi juga akan membawakan materi tentang bagaimana membuat telegram bot untuk openSUSE Translator di Indonesia dengan judul Creating Telegram Bot for openSUSE ID Translators Team. paper lengkapnya bisa dilihat disini https://events.opensuse.org/conference/summitasia17/program/proposal/1614.
  6. Kukuh Syafaat yang belum lama menjabat sebagai presiden openSUSE Indonesia juga akan ikut membawakan materi yang berjudul Flatpak & AppImage Usage on openSUSE. Which One Suitable for openSUSE Users?. Paper lengkap bisa dilihat disini https://events.opensuse.org/conference/summitasia17/program/proposal/1502.
  7. Syah Dwi Prihatmoko (sdmoko). Saat ini Moko aktif bekerja sabagai DevOps Engineer di KodeKreatif dan Moko akan membawakan materi “Getting Started Modern Monitoring with Prometheus and Grafana” di openSUSE.Asia.Summit 2017 hari kedua. Untuk melihat jadwal Moko di sana silahkan klik https://events.opensuse.org/conference/summitasia17/program/proposal/1544.
  8. Saputro Aryulianto (Ary) Saat ini Ary aktif bekerja sebagai OpenStack Engineer di PT. Boer Technology (Btech) dan Ary yang baru saja menjadi Certified OpenStack Administrator ini akan membawakan materi “OpenStack Load Balancer as a Service (LBaaS) with openSUSE Leap” di openSUSE.Asia.Summit 2017 hari kedua. Untuk melihat jadwal Ary di sana silahkan klik https://events.opensuse.org/conference/summitasia17/program/proposal/1570.
  9. Umul Sidikoh (Umul). Saat ini Umul aktif sebagai mahasiswa STT NURUL FIKRI dan Umul akan membawakan materi “Write Your Story with OpenSource” di openSUSE.Asia.Summit 2017 hari kedua. Untuk melihat jadwal Umul di sana silahkan klik https://events.opensuse.org/conference/summitasia17/program/proposal/1616.
  10. Alin Nur Alifah (Alin). Saat ini Alin aktif bekerja sebagai Programmer di Universitas Pertanian Bogor dan Alin akan membawakan materi “Getting Started with Dockerized .NET Application” di openSUSE.Asia.Summit 2017 hari pertama. Untuk melihat jadwal Alin di sana silahkan klik https://events.opensuse.org/conference/summitasia17/program/proposal/1590.
  11. Rizky Ariestiansyah dari sebagai CTO IndonesiaX dan Fouder Valutac juga akan hadir dengan materi yang gak kalah menarik “Bitcoin Trading with GOOSUSER and Aframe“. Paper lengkap bisa dilihat disini https://events.opensuse.org/conference/summitasia17/program/proposal/1498.
  12. Tonny Sabastian yang saat ini bekerja di salah satu startup di Indonesia bersama pak Estu Fardani sekaligus Gembala kambing.ac.id juga akan hadir membawakan materi Single Sign On Services with Free/Open Source Software. Paper lengkap bisa dilihat disini https://events.opensuse.org/conference/summitasia17/program/proposal/1548.
  13. Muhammad Dhenandi Putra,  yang saat ini aktif bekerja sebagai tukang ketik di PT. Excellent Infotama Kreasindo juga akan hadir membawakan materi seputar docker registry dengan judul Have Fun Claim Control your Docker Images with Portus on openSUSE Leap. bisa dilihat disini paper lengkapnya https://events.opensuse.org/conference/summitasia17/program/proposal/1520.

Sebagai perwakilan kontingen dari Indonesia, kami akan berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik untuk summit ini dan insyaallah mempersiapkan dengan sebaik-baiknya agar acara summit dapat berjalan dengan lancar. Kami sendiri berharap semoga acara ini dilancarkan dan dapat membawa angin segar untuk kemajuan openSUSE Indonesia sendiri maupun dunia FOSS di Indonesia :-). Untuk jadwal lengkap terkait summit bisa dicek di https://events.opensuse.org.

See you in Tokyo, Guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *