LibreOffice 6.0 portable untuk Linux

The Document Foundation baru saja merilis LibreOffice 6.0 beberapa hari lalu. Bagi pengguna openSUSE Tumbleweed, LibreOffice terbaru ini bahkan sudah ada sejak beberapa minggu lalu, ketika statusnya masih pre release. Untuk pengguna openSUSE Leap sepertinya tidak akan bisa menikmatinya jika hanya menggunakan repositori resmi hingga openSUSE Leap 15.0 rilis.

Ada beberapa cara supaya pengguna Leap bisa segera menggunakan LibreOffice 6.0, yaitu dengan menambahkan repositori LibreOffice dari OBS, menggunakan versi AppImage, Flatpak atau Snap dari pemaket pihak ketiga. Atau yang paling mudah adalah dengan mengunduh langsung dari situsnya di halaman ini.

Jika mengunduh langsung dari situs LibreOffice, kita bisa memasangnya dengan dua cara, yaitu dengan memasang ke dalam sistem atau menggunakannya seperti aplikasi portable. Jika Anda ingin memasangnya ke dalam sistem, Anda bisa membaca artikel saya yang berjudul Menginstall file rpm di openSUSE. Tapi jika Anda akan memasangnya sebagai aplikasi portable, Anda bisa melanjutkan membaca tulisan ini.

Setelah mengunduh LibreOffice dari halaman www.libreoffice.org/download/download/ kita bisa langsung membongkarnya dengan cara klik kanan, lalu pilih Extract => Extract archive here. Hasil ekstraksi akan menghasilkan sebuah folder yang berisi folder readmes, RPMS dan sebuah berkas install. Berkas install inilah yang akan kita gunakan untuk memasang LibreOffice secara portable.

Untuk menjalankan berkas install ini kita bisa membuka terminal di mana berkas tersebut berada dengan cara klik kanan di area kosong, lalu pilih Open Terminal Here. Setelah itu kita bisa menjalankan perintah ./install RPMS ~/bin/LibreOffice. Kode ./install adalah untuk menjalankan berkas tersebut, RPMS adalah di mana semua berkas rpm berada dan ~/bin/LibreOffice adalah tujuan di mana kita ingin menyimpan instalasi LibreOffice, Anda bisa menyesuaikannya, pastikan Anda memiliki hak baca tulis jika Anda memasang di tempat lain.

Setelah selesai dengan proses tersebut, kita bisa membuka direktori bin di direktori HOME. Buat sebuah berkas dengan nama libreoffice6.0 dan isi berkas tersebut dengan:

#!/bin/bash
export PATH=~/bin/LibreOffice/opt/libreoffice6.0/program:$PATH
exec soffice "$@"

Buat berkas tersebut supaya bisa dieksekusi dengan cara klik kanan, lalu pilih Properties, pilih tab Permissions. Centang pilihan Is executable, lalu klik OK. Selesai, kita bisa menjalankannya dengan perintah libreoffice6.0.

Untuk bisa menjalankannya lewat menu, kita bisa menyalin atau memindahkan berkas-berkas desktop yang ada di ~/bin/LibreOffice/opt/libreoffice6.0/share/xdg ke ~/.local/share/applications. Sampai di sini LibreOffice 6.0 sudah muncul di menu, tapi mungkin tidak ada gambar ikonnya. Untuk menampilkan ikon, kita bisa membuka berkas-berkas desktop tadi, lalu cari teks Icon=libreoffice6.0 dan hilangkan angka 6.0 menjadi Icon=libreoffice.

Instalasi dengan cara ini benar-benar membuat LibreOffice portable. Bahkan berkas-berkas konfigurasi pun akan berada di dalam folder instalasi, bukan di direktori ~/.config seperti biasanya.

Dan untuk melengkapi ke-portable-annya, kita juga bisa menambahkan JRE ke dalam folder instalasi LibreOffice. Caranya, unduh JRE dari halaman ini. Klik Accept License Agreement, lalu unduh berkas jre linux x64 rpm. Setelah terunduh, ektrak berkas rpm tersebut dengan cara seperti di atas, lalu pindahkan folder usr ke ~/bin/LibreOffice, bersebelahan dengan folder opt.

Setelah selesai memindahkan hasil ekstraksi JRE, buka LibreOffice 6.0, lalu buka menu Tools => Options. Pilih opsi LibreOffice => Advanced. Klik tombol Add, lalu arahkan ke direktori ~/bin/LibreOffice/usr/java/jre-9.0.4 (ini versi JRE9 yang tersedia saat artikel ini ditulis, Anda bisa menyesuaikan angkanya dengan yang Anda unduh). Lalu klik OK.

Setelah selesai, kita bisa menikmati LibreOffice 6.0 di openSUSE Leap. Dan dengan cara ini, LibreOffice bisa dibawa ke dalam Flash Disk dan di jalankan di komputer lain dengan sistem operasi Linux dan bisa diperbarui tanpa harus mengunduh dan memasang ulang. Cukup dengan memilih menu Help => Check for Updates... dari LibreOffice 6.0 dan pembaruan yang akan diunduh juga hanya sebagian saja, tidak seperti kita mengunduh berkas secara utuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *