openSUSE dan Komunitas openSUSE Indonesia di LibreOffice Conference 2018

Konferensi LibreOffice 2018 usai dilaksanakan satu minggu yang lalu. Namun, euphoria kehebohan acara tersebut masih sangat terasa hingga sekarang. Karena acara ini diikuti dari berbagai negara, kalangan, latar belakang, usia, dan komunitas. Acara ini diikuti oleh kurang lebih 300 peserta.

LibreOffice Conference adalah ajang berkumpul penggiat dan pengguna LibreOffice yang mengutamakan kontribusi nyata pada kemajuan kemerdekaan perangkat lunak. Salah satu kontribusi nyata yang diberikan openSUSE dan Komunitas openSUSE Indonesia pada acara ini adalah dukungan untuk turut meramaikan acara serta bertindak sebagai sponsor terhadap Konferensi ini.

openSUSE dan Komunitas openSUSE Indonesia diberikan 1 petak booth sponsor untuk turut meramaikan acara ini. Dari booth tersebut kami menyediakan beberapa pernak-pernik openSUSE untuk dibagikan secara gratis seperti sticker, boneka geeko, topi, gantungan kunci, pin, USB disk, dll.

Booth dibuka pukul 08:00 waktu setempat dan beberapa peserta yang sudah terlebih dahulu datang berkunjung ke booth openSUSE sehingga booth openSUSE menjadi ramai.

Pada saat sesi break dan ishoma adalah saat-saat dimana booth sangat penuh dikunjungi oleh peserta. Bagi peserta yang datang ke booth kemudian mengisi form aplikasi yang disediakan openSUSE Indonesia (visitor.opensuse.id) akan mendapat sticker secara gratis. Form aplikasi yang dimaksud adalah apabila user mengisi form tersebut maka secara otomatis akan di Tweet ke Twitter resmi openSUSE Indonesia. Berikut beberapa peserta yang turut serta dalam booth openSUSE :

Selain itu, opeSUSE juga memamerkan Linux Magazine edisi khusus openSUSE, majalah tersebut bisa didapatkan dengan memberikan donasi minimal 40 ribu rupiah. Dari 15 majalah yang dibawa terdonasikan sebanyak 10 majalah di booth, dan 4 majalah diberikan sebagai doorprize bagi yang beruntung pada saat mengikuti kelas paralel LibreOffice.

Kemudian, terkait dengan kontribusi Komunitas openSUSE juga memberikan informasi seputar program-program yang sedang dijalankan oleh openSUSE maupun Komunitas openSUSE Indonesia, salah satunya yaitu Google Summer of Code. GSoC ditujukan bagi mahasiswa/pelajar yang ingin turut berpartisipasi dalam kontribusi proyek perangkat lunak terbuka openSUSE seperti YaST, jangouts, portus, dll.

Berikut adalah beberapa tangkapan foto di booth openSUSE yang ada pada LibreOffice Conference :

Terima kasih kepada pihak-pihak yang turut berpartisipasi pada LibreOffice Conference. Semua pihak yang telah berkunjung ke booth openSUSE, terima kasih juga kepada donatur linux magazine semoga majalah tersebut bermanfaat. Kalian semua, keren!

Sampai bertemu di lain waktu! 🙂

Lisensi foto :

  • Kukuh Syafaat
  • Mohammad Edwin Zakaria Flickr
  • openSUSE Indonesia Twitter

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.