/tmp dengan tmpfs di openSUSE Tumbleweed

Komunitas openSUSE Indonesia

Jika Anda memasang openSUSE Tumbleweed dengan versi ISO Snapshot 20200806 secara baku instalasi Anda akan membuat direktori /tmp dengan tmpfs, sedangkan pada versi sebelum Snapshot tersebut /tmp akan berada pada sebuah subvolume Btrfs.

Membuat /tmp dengan tmpfs pada instalasi sebelum 20200806

Jika Anda sudah lama menggunakan openSUSE Tumbleweed (instalasi dilakukan sebelum ISO Snapshot 20200806) dan ingin membuat /tmp berada pada tmpfs seperti pada instalasi baru, Anda tinggal menghapus baris mounting /tmp di /etc/fstab dengan perintah su -c "sed -i '/tmp/d' /etc/fstab", lalu hapus semua file dan folder yang berada di direktori /tmp dengan perintah su -c "rm -rv /tmp/* /tmp/.*", setelah itu jalankan ulang komputer.

Instalasi lama yang sudah menggunakan tmpfs untuk /tmp

Sebelumnya saya pernah membuat tulisan tentang Memindahkan /tmp ke tmpfs. Jika Anda mengikuti tulisan tersebut, segera hapus link /etc/systemd/system/tmp.mount dengan su -c "rm -v /etc/systemd/system/tmp.mount" setelah Anda melakukan update Tumbleweed ke versi 20200806, karena di versi tersebut file /usr/share/systemd/tmp.mount sudah tidak ada. Jadi bisa dipastikan link tersebut akan terputus.

Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa di /etc/fstab sudah tidak ada baris mounting /tmp.


Tulisan ini bisa dibaca juga diĀ https://kikisyahadat.github.io/2020/08/08/tmp-dengan-tmpfs-di-opensuse-tumbleweed.html

 

No Comments

Add your comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.